Pages

Saturday, October 16, 2010

Taman Laut Nasional Bunaken


Setelah 3 kali perjalanan gw ke Manado, akhirnya kesampaian juga bisa traveling ke land mark kota Manado yaitu Taman Laut Nasional Bunaken. Rencana ke Bunaken dari 2 perjalanan terakhir tidak berjalan mulus... karena cuaca yang tidak mendukung dan "kita p tamang" yang tidak kompak... Ya... sibuk ini itulah...

Finaly... di tanggal 27 November 2009, Gw bersama 5 konco2 qu brangkat ke Bunaken dari Malalayang ke Pasar Jengki naik Oto (angkot / angkutan umum / klo d Makassar itu Pete-pete). Tidak jauh dari pasar jengki ada dermaga tempat kapal-kapal markir yang disewakan untuk menyeberang ke pulau Bunaken, ada banyak tawaran dan pilihan kapal yang bisa d sewa jadi pilihlah kapal dengan baik dan benar karena kisaran harga kapal yang di sewa untuk menyeberang itu di harga 700rb (biasanya kapal kecil dengan penumpang < 10 orang) sampai 1jt'an (kapal besar dengan penumpang > 10 s.d 30 orang), eh jangan lupa... tanyain juga apa harga yang kita bayar sudah include dengan tiket masuk ke pulau Bunaken ato blum.... Menurut gw, lebih bagus kalau sewa kapal yang agak besar biar lebih aman klo ombaknya agak besar, dan yang punya kaca di lambung kapal untuk melihat langsung terumbu karang di dasar laut.

Perjalanan ke pulau Bunaken dari dermaga pasar jengki di tempuh selama ± 45 menit. Sesampainya di pulau Bunaken, ada beberapa hal yang bisa kita jumpai, Pertama, deretan kios suvenir yang menawarkan barang-barang khas Bunaken. Gak nyangka... jauh2 ke Bunaken ternyata yang jualan di situ ada orang Sunda-nya... jadi temen gw yang orang Sunda konek banget dech ma penjualnya sampe2 dapet korting waktu beli kaos ^^. KeDua, ada kios yang menyewakan alat snorkling dan kamera waterproff, harga 1 set snorkling (pelampung, kaca mata dan sirip kaki) di bandrol harga 75rb (agak mahah nih, waktu gw k Karimun Jawa aja cuma 35rb), truz klo sewa waterproff harganya 50rb ato kalau mau di fotoin dan hasilnya di burn ke CD harganya jadi 100rb (mahal juga nih... mending kamera gw bungkus pake plastik biar bisa waterproff juga ^^). Dan yang ke Tiga, ada bangunan Bunaken Visitor Center tempat informasi mengenai Bunaken yang bisa lw liat dan baca sepuasnya.

Kalau sudah sewa alat snorkling, baru dech acaranya di mulai... Dari dermaga pulau Bunaken, kita akan di antarkan ke spot-spot untuk melihat terumbu karang, di sinilah manfaat kaca yang ada di lambung kapal... jadi yang gak mau snorkling bisa liat tuh dengan jelas terumbu karang di dasar laut. Jangan ragu2 untuk minta ke yang punya kapal untuk di antarkan di spot yang masih bagus, klo nggak bisa2 lw malah di turunin di spot yang udah kurang bagus. Btw... biar lebih seru lagi bersnorklingnya... lebih baik kalau sudah disiapkan makanan buat ikan seperti buah pisang, wafer (kue kering) atau roti (jangan lupa, sampah plastiknya jangan di buang ke laut ya...!!!). Puas2in dech menikmati keindahan terumbu karang dan ikan di sini karena biasanya kalau sudah jam 3 s.d 4 sore kita akan diantar pulang ke Manado biar nggak kemaleman di jalan.

Btw... Waktu gw ngobrol-ngobrol sama yang punya kapal, dia bilang kalau di Manado Tua kondisi terumbu karangnya lebih bagus dari pada di pulau Bunaken loh... Ya... semoga ada kesempatan berikutnya biar bisa ke Manado Tua untuk membuktikan perkataannya...

0 comments: