Pages

Wednesday, December 22, 2010

Service Laptop Lenovo seri 3000 G230


Lumayan lama juga Saya gak mijit-mijit si leptop berhubung Levono seri 3000 G230 yang selalu menemani semenjak bulan Januari 2010 ngambek tidak mau di hidupkan, padahal terakhir digunakan untuk menonton film saja. Penggunaan juga biasa-biasa saja, tidak ada aplikasi berat yang terinstal dan Saya cukup apik dalam menggunakan dan merawat laptop ini… tapi mungkin karena memang sudah rejekinya untuk bermasalah, ketika ingin digunakan tidak dapat menyala kembali. 

Beruntung kartu garansi selalu Saya bawa, searching tempat Service Center untuk Lenovo mengarahkan Saya ke sebuah pusat elektronik di kota Makassar. Sesampainya di Service Center tersebut  ada teknisi yang membantu Saya…

Teknisi   : “Ada yang bisa di bantu Pak…???”
Saya      : “Iya Maz… laptop Lenovo Saya gak mau menyala nih…”
Teknisi   : “Oh gitu ya…”
Saya      : “Iya… padahal terakhir Saya pake itu masih berfungsi normal, tiba2 aja besoknya udah gak mau menyala lagi… Tapi ini masih garansi Mas…”
Teknisi   : “Oh gitu… bisa lihat kartu garansinya…”
Saya      : “Nih mas…”
Teknisi   : “Okeh Pak… di titipkan saja dulu laptopnya… nanti 2-3 hari lagi kita kabarin gimana statusnya… “ (Gak lama si teknisi ambil nota bukti service dan mengisinya sambil sesekali menanyakan beberapa hal ke Saya).
Teknisi   : ” Okeh Pak… nanti notanya tolong di bawa waktu pengambilan barangnya ya…!!!”
Saya      : “Sip Mas… jadi nanti Saya tinggal tunggu kabar dan bawa nota ini yah… OK… Makasih ya…”
Teknisi   : “Sama-sama Pak…”

Sang teknisinya menjanjikan untuk segera menghubungi dalam 2-3 hari semenjak barang di titipkan, tetapi sayangnya apa yang ditunggu tidak kunjung datang sehingga niat untuk mengkonfirmasi langsung terpaksa dilakukan. Dan ternyata setelah di hubungi Motherboardnya rusak dan akan digantikan dengan yang baru… estimasi waktu pemesanan, delivery dan pemasangan sperpart memakan waktu 2 mingguan. Apa mau dikata, ya hanya bisa pasrah dan menunggu agar sang leptop bisa sembuh seperti dulu. Sudah lebih 2 minggu ditunggu tetapi belum juga ada kabar seperti yang dijanjikan, Saya mencoba lagi menghubungi dan di infokan kalau sparepart sudah dipesan dan masih dalam pengiriman… jadi masih harus sabar menunggu. Akhirnya 1 bulan kurang 3 hari semenjak laptop dititipkan, Saya mencoba lagi menghubungi dan alhamdulilah akhirnya sparepart sudah datang dan laptop bisa di ambil hari itu juga sebelum jam 8 malam. 

Finaly, jam 7 malam Saya sudah sampai untuk mengambil Laptop dan ternyata… ketika saya sampai, ada sebuah laptop yang sedang di oprek dan ternyata adalah punya Saya… (Katanya udah siap, kok masih di telanjangi tuh barang…???) Akhirnya kurang dari 10 menit, laptop sudah siap dan langsung di uji coba…. Seketika tombol Power ditekan, lampu merah biru langsung menyala… Alhamdulilah… akhirnya menyala kembali. Tapi sekilas melihat fisiknya, ada cukup banyak perubahan dari sebelumnya… tampak lebih kotor dan lecet pada bodi lebih banyak dari sebelumnya… Saya komplain ke teknisinya… 

Saya    : “Mas, bener nih punya Saya… kok rusak banget bodynya??? Punya Saya gak seperti ini bentuknya!!!”
Teknisi  :  “Sebentar ya Mas… Saya cek dlu…” (Si teknisi langsung cabut ke belakang dan gak lama dateng lagi)…
Teknisi  : “Sory Mas… kayaknya ketuker casing bodynya… ada laptop yang sama juga lagi kita service…”
Saya     : “Pantesan… yoo wis mas… sok atuh di benerin…” (Si teknisi cabut kebelakang lagi bawa balik laptop gw)…
Teknisi  : (Gak sampe 10 menit dia dateng lagi…) “Mas… dah beres nih… silahkan di cek lagi!!!”
Saya     : (Nah…  baru bener nih casing laptop gw… tapi kok lecetnya makin banyak ya… :(  )

Cek lebih detail kok keliatannya gak rapih nih teknisinya kerjain laptop gw… selain secara fisik lebih kotor, tapi juga ada item-item kecil yang juga terlewat seperti body yang kurang terpasang dengan baik karena ada beberapa bagian yg terasa goyang dan karet penutup lubang baut di bagian monitornya yang hilang tidak terpasang. Saya langsung kasih tau lagi ke teknisinya… “Mas… kok karetnya ilang nih…??? “ dia langsung kebelakang lagi truz bawa karet yang ilang itu… Sempet terpikir dalam hati… kok baut di monitor dibuka-buka segala… kan yang rusak motherboard kok sampe lcd segala yang di utak atik… waduh… bikin perasaan gak enak aja nih… Setelah selesai cek fisik dan terlihat laptop beroperasi normal gw nanya lagi ke Teknisiny…

Saya     : “Mas… Laptop Saya nih garansi skrang gimana?”
Teknisi  : “Oh udah abis mas… kan udah di service…”
Saya     : “Loh… masa ini sparepart gak ada garansinya?
Teknisi  : “Ya… klo ada masalah bawa aja lagi ke sini, tapi garansinya hanya tinggal menghabiskan masa 1 tahun semenjak tanggal pembelian…”
Saya     : “Loh… kok gitu ya??? Saya baca di petunjuk kartu garansi kalau garansi setelah service itu ada 2 macam. Yang pertama adalah sisa waktu garansi 1 tahun semenjak tanggal pembelian dan yang kedua adalah 1 bulan setelah selesai di service. Nah… mana yang paling lama itu yang diambil… gitu loh mas…”
Teknisi  : “Wah… waktu saya training di Jakarta nggak begitu Mas… hanya menghabiskan sisa waktu garansi yang 1 tahun itu aja…”
Saya     : “Hem… gitu ya…” (Yoo wis dech… gak enak juga adu argument… nanti teknisinya gak ikhlas benerin laptop gw… lagi pula udah jelas kok isi klausa di kartu garansinya…)

Setelah 1 jam ngecek laptop gw… akhirnya “Ya sudah lah… Insya Allah aman…”

Saya     : “Mas… okeh nih… skarang urusannya gimana?”
Teknisi  : “Udah okeh yaa mass… Tinggal di tanda tangani aja form nya… di sini dan di sini…”
Saya     : (Tanpa baca-baca dan pikir panjang, Saya tanda tangani aja sesuai instruksinya)… “Udah nih Maz… Buat Saya yang mana???”
Teknisi  : “Oh… gak ada Mas… udah begini aja”
Saya     : “Oh… bgitu ya…??? Jadi gak ada bukti service buat konsumen???”
Teknisi  : “Iya Maz…”
Saya     : (Kok aneh yah… biasanya klo service kan ada bukti buat konsumennya… kok ini gak ada…) “Yo wis… Klo bgitu makasih banyak ya… :p
Teknisi  : “Iya… sama-sama Maz…”

Alhamdulilah Laptop udah sehat seperti sedia kala…. Tapi kok rasa-rasanya gak beres ey….!!! Service Center kok rasanya kayak tempat penitipan barang aja… Gak ada bukti apa2 setelah barang udah kembali ke tangan konsumen…. :p


Update  di Minggu pertama Januari 2011

Hem... Gak di sangka... Ternyata dari Lenovo Service kirim email ke gw... pasti dari laporan tempat service center yang kmarin... Inti dari isi emailnya itu, Lenovo Service minta partisipasi dari client untuk mengikuti survei dan memberikan penilaian terhadap pelayanan service yang telah diberikan. Penilaian pelayanan dilakukan secara online dengan mengklik link yang diberikan dalam email tersebut. Nah... karena Saya sendiri punya kesan dan pesan yang memang ingin di sampaikan, maka dalam kesempatan ini saya isikan sejujur mungkin.... Klik-klik-klik... kasih skor... kasih komentar... akhirnya "SEND"... wiss... selesai...^^

Beberapa hari setelah mengikuti survei dari Lenovo Service, ada telepon masuk ke handphone Saya... bingung mikir2 ini dari siapa... langsung aja d angkat....
  
Ane   : "Halo... selamat siang..."
Doi    : "Selamat siang Pak... maaf ini dari Lenovo Service..."
Ane   : "Oh... dari Lenovo ya... Iya... ada apa Mas...???"
Doi   : "Iya... kami ingin mengkonfirmasi hasil survei yang telah Bapak berikan terhadap service yang telah bapak terima sebelumnya... Ada beberapa point yang ingin kami tanyakan dan konfirmasi langsung berkaitan dengan komitmen kami terhadap custumer dan peningkatan pelayanan dari Lenovo ke pelanggan..." 
Ane   : "Oh bgitu... ya silahkan saja... Saya bersedia membantu..."
Doi    : "Ok.. makasih Pak... jadi....." (Yah... dia konfirmasi dech isi dari penilaian dan komentar yang gw kasih dari survei online itu...)
Ane   : "Hem... bgini ya Mas... biar jelas dan informasinya tidak parsial, Saya ceritakan dari awal yah..." (Hehehe... gw bercerita nih... kira2 5 menit lah gw bercerita sama si Doi...)
Doi    : "Ok... Cukup jelas buat kami... dan terima kasih atas waktunya.... Kalau begitu informasi ini akan kami lanjutkan ke pihak yang terkait ya Pak..."
Ane   : "Yo wis Mas... dari Saya sih intinya si Laptop dapat berfungsi normal kembali... itu yang utama... Okeh klo bgitu..."
Doi   : "Baik... selamat siang Pak..."
Ane   : "Iya... Selamat siang...."
 
Hem... Bgitu dech sedikit update dari Lenovo Service... ternyata Lenovo responsive dan tanggap terhadap keluhan pelanggannya... Sip Sip... Semoga bisa lebih di tingkatkan lagi... ^^...

Salam...

0 comments: